Belajar Android: Mengirim SMS dengan SmsManager

Logo Android

Beberapa waktu yang lalu saya sempat merilis sebuah aplikasi Android sederhana yang saya beri nama Quick SMS. Quick SMS adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan anda membuat template SMS dan mengirimkannya dengan cepat dan mudah.

Aplikasi tersebut harus bisa mengirim SMS langsung tanpa perlu melalui antar muka pengiriman SMS standar punya Android, jadi cukup sekali tekan tombol maka SMS pun akan terkirim. Dibawah ini akan saya berikan contoh kode yang sebenarnya cukup sederhana untuk mengirim SMS langsung melalui kode.

Di Android untuk membuat aplikasi anda bisa mengirim SMS sebenarnya hanya membutuhkan dua langkah saja. Pertama adalah anda harus memastikan bahwa aplikasi yang anda buat memiliki akses untuk mengirim SMS.


Dan yang kedua adalah kode untuk mengirim SMS itu sendiri. Dimana kita akan menggunakan Android SmsManager untuk mengirimkannya.

Mendaftarkan Permission untuk mengirim SMS

Caranya dengan membuka AndroidManifest.xml anda dan tambahkan kode berikut ini:


Kode diatas memberitahukan kepada sistem operasi Android bahwa aplikasi kita membutuhkan akses untuk mengirimkan SMS.

Membuat fungsi untuk mengirim SMS

Fungsi ini bisa dibuat buat sesuai kebutuhan, namun kali ini saya akan mencontohkannya secara sederhana saja. Saya akan membuat sebuah fungsi yang menerima dua parameter, yaitu nomor HP dan isi pesan.

Jadi diatas tambahkan sedikit pengaman berupa try-catch untuk berjaga-jaga apabila terjadi kegagalan dalam mengirim SMS. Ketika perlu mengirimkan SMS cukup panggil fungsi kirimSMS diatas dengan parameternya sehingga menjadi kirimSMS("081234567890", "Dek, Mama minta pulsa.");.

Gampang sekali bukan, apabila anda punya ide untuk membuat aplikasi berbasiskan SMS di Android, silahkan kode diatas di implementasikan dan disempurnakan. Namun sebagai aplikasi yang lengkap, contoh diatas tentu saja belum cukup.

Hanya berhasil mengirimkan SMS tanpa error bukan berarti SMS nya benar-benar terkirim bukan? Alangkah baiknya kalau kita bisa mengetahui status pengiriman dan mengetahui apakah SMS kita sudah sampai di tujuan. Namun itu akan menjadi topik lain yang akan kita bahas selanjutnya. Sekian dulu semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *