Cara downgrade WordPress

Logo WordPress

Ada yang mengalami masalah ketika selesai update WordPress ke versi terbaru, terus beberapa plugin tidak jalan? atau error?. Iya salah satu yang bisa kita lakukkan sementara adalah dengan melakukkan Downgrade WordPress.

Karena ada beberapa plugin seperti contohnya Qtranslate yang hanya bisa bekerja ketika dipasang pada versi WP yang sesuai. Pada kasus seperti ini, daripada menunggu plugin diupdate ke versi terbaru, maka salah satu solusinya adalah mengembalikan secara sementara WordPress ke versi sebelumnya ketika plugin itu bekerja dengan baik.

Cara downgrade WordPress?

Prinsipnya adalah dengan mengganti semua file instalasi WordPress KECUALI wp-content dan wp-config.php.

Iya, semuanya mulai dari wp-admin, wp-includes dan semua file .php di root direktorinya WordPress, dimana pada kenyataannya begitulah cara kerja wordpress melakukkan proses updatenya.

Ingat, jangan hapus direktori wp-content beserta isinya begitu juga dengan file konfigurasi WordPress wp-config.php.

Langkahnya?

  1. Backup, backup dan backup semuanya. Ini salah satu langkah yang TIDAK boleh dilewatkan ketika akan melakukkan Update ataupun downgrade WordPress, meskipun proses ini terbilang aman, sedia payung sebelum hujan selalu lebih baik.
  2. Download versi yang diinginkan. Misal anda terlanjur update ke versi 3.9 dan ingin mengembalikan ke versi 3.8.1, maka anda perlu mendownload versi 3.8.1 terlebih dahulu. Ini juga bisa dilakukkan dengan 2 cara (poin 3 dan 4 di bawah ini):
  3. Download paket penuhnya melalui link: http://wordpress.org/wordpress-3.8.1.zip, kemudian di extract dan hapus bagian wp-content nya atau yang lebih praktis
  4. Download versi tanpa contentnya, http://wordpress.org/wordpress-{VERSI}-no-content.zip. Misalnya: http://wordpress.org/wordpress-3.8.1-no-content.zip. Paket ini memang khusus di sediakan untuk WordPress melakukkan updatenya. Ini juga kita bisa manfaatkan untuk melakukkan downgrade.
  5. Upload melalui FTP atau langsung melalui C-Panel, Ketika WordPress yang kita inginkan sudah siap, maka tinggal upload ke server menggantikan (Overwrite) file yang sudah ada disana.
  6. SEKALI LAGI, ingat jangan sampai menghapus direktori wp-content dan file wp-config.php.
  7. Setelah proses pengantian file-file tersebut selesai, maka buka yourdomain.com/wp-admin/ melalui web browser anda, maka anda akan di minta untuk melakukkan update database. Tinggal tekan tombol tesebut, dan kalau semua berjalan sukses maka WordPress sudah pada versi yang anda inginkan.

Iya hanya itu saja langkah-langkahnya. Namun cara downgrade WordPress diatas memerlukan sedikit keahlian teknis, apabila anda tidak yakin dengan cara melakukkannya, saya sarankah minta bantuan ke teman/kenalan anda yang sudah terbiasa memanage website berbasis WordPress.

 

14 Replies to “Cara downgrade WordPress”

  1. Gan~ ada pertanyaan sedikit. Maklum pemula, hehe wp sy kuk ga ada editornya ya di appearance ? Hilang mendadak entah kenapa. Bingung ini gan.Versi wp 4.2.5.
    Solusinya gmna ya gan?Terimakasih. Ditunggu jawabannya ya agan2 sekalian. Suksma.

    1. Mungkin karena update gan, coba semua plugin di nonaktifkan dulu trus lihat apa sudah jalan, kalau sudah lanjut satu persatu aktifin pluginnya. Biasanya ada plugin yang sudah tidak kompatibel lagi setelah update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *