Django Web Framework – Part 3 | Plugable Apps

Apa yang dimaksudkan plugable apps? jadi maksudnya adalah sebuah project/website/web aplikasi adalah kumpulan dari beberapa aplikasi yang saling berhubungan atau bisa juga jalan sendiri-sendiri.

contoh kongkrit nya misalkan sebuah website untuk Blogging, web ini bisa dibangun dari beberapa Django Apps misalnya aplikasi untuk menangani Komentar, Post, RSS Feed dan Sitemap, itu bisa saja merupakan aplikasi-aplikasi yang berbeda namun kita hubungkan sehingga menjadi satu project/produk utuh.

Kelebihan dari system ini adalah, kita menghindari pembuatan code yang berulang-ulang untuk fitur yang sama. Misal, besoknya kita mau buat web news portal, daripada coding fitur RSS feednya lagi, pakai aja aplikasi dari blogging kemarin, untuk fitur Komentarnya juga bisa diambil dari aplikasi Blogging yang sudah kita buat sebelumnya. Keren kan?

Jadi dengan aplikasi yang bersifat Plugable, maka penambahan fitur dapat dilakukkan dengan cepat dan mudah, tanpa perlu melakukkan perubahan besar-besaran di code dasar proyek kita.

Seri ini adalah salah satu seri dalam artikel saya Rapid Web Development dengan Django Web Framework:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *