Fun Project: External IP Address checker untuk web, desktop and android

miptracker

Tidak bisa dipungkiri ternyata saya juga menyukai Java, ya meskipun tidak semudah/sesimple Python dalam belajarnya tapi saya merasakan ada kekuatan khusus dalam bahasa yang satu ini, yaitu cross-platform dan cepatnya kita bisa membuat aplikasi desktop dan mobile. Dan satu lagi, saya sangat-sangat tertarik dengan dunia mobile development sejak dahulu kala :D.

Namun saya selalu memulai sesuatu dengan tujuan dan masalah yang ingin saya pecahkan, begitu juga dengan project ini yaitu: “External IP Checker”, sebuah tools yang saya bisa gunakan untuk mengecek IP Address external saya ketika saya berada dalam suatu jaringan komputer yang terkoneksi ke Internet. Apa gunanya? banyak…

Tantangan

Kadang-kadang sering terjadi kalau kita perlu tahu berapa IP address luar/external di tempat kita terkoneksi sekarang ini, baik itu dalam Wifi atau koneksi kantor.

Berhubung tidak semua provider Internet memberikan static IP Address, melainkan IP yang selalu berubah-ubah setiap kali saya memutuskan dan menyambung kembali koneksi internetnya.

Akan sangat praktis kalau kita punya sebuah program sederhana untuk tujuan itu baik Desktop atau versi Mobile nya, ya saya tahu layanan checking itu banyak sekali di internet, tapi karena otak developer jadinya enaknya bikin sendiri aja sekalian belajar :D.

 Akhirnya

Dengan sedikit waktu luang yang relatif singkat akhirnya saya berhasil menyelesaikan sebuah aplikasi yang jalan dalam 3 Dunia sekaligus yaitu Web, Desktop dan Mobile (Android).

Dengan selesainya aplikasi ini, maka sekarang di netbook Linux saya terinstall aplikasi Desktop-nya, dan di HP Android saya terinstall aplikasi mobile nya, dan juga hanya dengan membuka halaman web aplikasi ini kita juga bisa tahu IP address kita.

Meskipun aplikasi yang sangat sederhana, ini sebagai contoh bahwa teknologi tidak harus digunakan untuk memecahkan masalah rumit, tetapi bagaimana bisa membuat hidup kita lebih baik dan mudah.

Di Belakang Layar

Proses pembuatan cukup singkat karena memang memiliki prinsip kerja yang sederhana yaitu kita hanya perlu men-setup sebuah aplikasi web di server dan tugas nya hanya satu, yaitu tampilkan IP address dari mana si klien mengakses, baik itu lewat browser, aplikasi desktop maupun mobile nya.

Jadi titik utama aplikasi ini adalah sisi server side/web nya dimana akan melayani request dari browser ataupun aplikasi klien.

  • Server Side, ini hanyalah sebuah halaman web biasa yang saya setup di Google Appengine sehingga saya bisa menggunakan Python kesukaan saya untuk codingnya dan menyimpan Log nya di Database. Sekarang aplikasi ini bisa diakses melalui http://ip.balitechy.com melalui browser dan akan kelihatan IP address external dari mana anda mengakses nya.
  • Aplikasi Desktop, versi desktop ini saya kembangkan dengan Java SE / Swing di Ubuntu dan coding nya di Eclipse IDE.
  • Aplikasi Android, versi Android ini saya juga kembangkan dengan Java pastinya, dan terakhir bisa jalan di Android versi GingerBread sampai versi Ice Cream Sandwich, untuk versi terbarupun sepertinya jalan karena ini aplikasi sederhana sekali.

Untuk source code semua bagian tersebut saya sudah share di akun GitHub saya, kalau ada yang tertarik monggo di tengok, dan kalau ada pertanyaan juga silahkan komentarnya di bawah. Dan berikut link source nya:

Semoga ini bisa menginspirasi yang lain untuk terus berkarya dan belajar, karya tidaklah selalu harus rumit dan kompleks tetapi lebih penting bagaimana memudahkan hidup kita sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *