Git-flow Cheatsheet

Git-Logo

Bagi anda yang sering menggunakan Git sebagai alat untuk kontrol versi (Version Control) project anda pasti sudah terbiasa dengan operasi-operasi branching, tagging dan lainnya di Git.

Namun sering kita jumpai bahwa kita tidak konsisten memanfaatkan semua fitur itu dan kebanyakan hanya bekerja di cabang Master saja. Meskipun tidak ada salahnya, namun membiasakan diri dengan konsep bahwa kode project yang siap rilis, yang dalam tahap pengembangan, penambahan fitur baru itu seharusnya berada dalam cabang terpisah.

Salah satu contoh baik penggunaan Git dalam software development adalah sebuah pola yang digunakan oleh Vincent Driessen seorang developer dari Belanda dengan tulisannya yang cukup terkenal mengenai pola Git yang dia pakai disini.

Dengan pola yang telah sukses dia pakai sendiri itu akhirnya mendorongnya membuat sebuah ekstensi Git, sehingga siapapun bisa menerapkan model penggunaan Git yang dia pakai dengan mudah. Namanya Git-flow.

Saya sendiri sudah menggunakannya mungkin dari sekitar setahun yang lalu, dan sangat membantu sekali dalam penggunaan dalam project-project yang saya kerjakan. Pertama kali mulai menggunakannya setelah mempelajari Git-flow ini dari sebuah cheatsheet yang juga cukup terkenal yaitu:

http://danielkummer.github.io/git-flow-cheatsheet/

dan juga terdapat sebuah video tutorial penggunaannya:

http://codesherpas.com/screencasts/on_the_path_gitflow.mov

Semoga informasi singkat ini berguna buat anda yang lagi bingung bagaimana memanfaatkan Git secara lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *