Pengenalan Vagrant – (2) Instalasi

vagrant

Ini adalah seri ke 2 dari tutorial pengenalan Vagrant, berikut seri-seri lainnya:

  1. Pengenalan Vagrant – (1) apa dan untuk apa?
  2. Pengenalan Vagrant – (2) Instalasi
  3. Pengenalan Vagrant – (3) Tentang Boxes
  4. Pengenalan Vagrant – (4) Project, UP dan SSH
  5. Pengenalan Vagrant – (5) Suspend, Halt dan Destroy
  6. Pengenalan Vagrant – (6) Provisioning dan Networking

Instalasi Vagrant cukup mudah dan hampir sama dengan instalasi  aplikasi lainnya. Karena Vagrant perlu vitual machine untuk berjalan maka pastikan anda juga sudah menginstall Virtual Box sebelumnya.

Untuk instalasi, silahkan mengacu ke halaman download Vagrant dan pilih sesuai sistem operasi yang anda gunakan. Saya pengguna Ubuntu 64bit maka saya pilih versi Linux (Deb) 64 bit.

Setelah instalasi selesai coba jalankan command `vagrant -v` untuk mengetahui apakah Vagrant sudah terinstal dan versinya. Kalau di laptop saya hasilnya seperti ini:

eka@lenovo:~$ vagrant -v
Vagrant 1.6.2

Seperti terlihat, versi saya masih versi 1.6.2 diinstall setahun yang lalu sepertinya, dan saat ini versi terbaru adalah versi 2.

Untuk di Windows, instalasi secara otomatis menambahkan vagrant ke system path, apabila ketika menjalankan command `vagrant -v` ternyata vagrant tidak ditemukan, silahkan logout dan login kembali dari Windows dan coba kembali.

Uninstall

Untuk meng-uninstall Vagrant dari komputer anda juga sama seperti menguninstall program lainnya, berikut cara uninstall Vagrant yang saya kutip dari dokumentasinya:

Di Windows, uninstall melalui Add/Remove program di Control Panel.

Di Mac OS X, hapus direktori `/Applications/Vagrant` dan file `/usr/bin/vagrant` dan juga jalankan perintah `sudo pkgutil –forget com.vagrant.vagrant` ini akan membuat Mac OS X melupakan bahwa Vagrant pernah terinstall, sehingga menghindari konflik pada instalasi berikutnya.

Di Linux, tinggal hapus direktori `/opt/vagrant` dan juga file `/usr/bin/vagrant`.

Sekian untuk proses Instalasi dan Uninstall, di seri berikutnya kita akan berkenalan dengan Vagrant Box.

5 thoughts on “Pengenalan Vagrant – (2) Instalasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *