Pengenalan Vagrant – (3) Tentang Boxes

Ini adalah seri ke 3 dari tutorial pengenalan Vagrant, berikut seri-seri lainnya:

  1. Pengenalan Vagrant – (1) apa dan untuk apa?
  2. Pengenalan Vagrant – (2) Instalasi
  3. Pengenalan Vagrant – (3) Tentang Boxes
  4. Pengenalan Vagrant – (4) Project, UP dan SSH
  5. Pengenalan Vagrant – (5) Suspend, Halt dan Destroy
  6. Pengenalan Vagrant – (6) Provisioning dan Networking

Setelah sebelumnya kita menginstall Vagrant, kali ini kita akan memahami sedikit tentang apa itu Vagrant Boxes.

Box atau Kotak merupakan sebuah mesin virtual dimana sistem operasi dan semua yang konfigurasi yang telah kita lakukkan akan tersimpan di dalam sebuah Box.

Dengan demikian, menggunakan Vagrant pada dasarnya kita menghidupkan mesin virtual, itulah alasannya kita kenapa kita memerlukkan VirtualBox atau VMWare untuk menjalankan vagrant. Vagrant sendiri hanyalah tool pembantu untuk mengaktifkan mesin virtual dengan berbagai kelebihan tentunya.

Anda bisa saja tidak menggunakan Vagrant, cukup menghidupkan VirtualBox dan install Ubuntu di dalamnya, untuk mengkoneksikan dengan jaringan internet harus mengkonfigurasi terlebih dahulu, mensetup SSH secara manual dan lainnya harus dilakukkan manual.

Dengan Vagrant, semua itu sudah diatur, hanya dengan satu perintah, server anda sudah aktif dan menjalankan semua aplikasi didalamnya secara otomatis.

Bagaimana cara mendapatkan Box?

Saya tidak sarankan anda membuat Box sendiri, memang bisa tetapi lebih baik kita menggunakan Box yang sudah ada untuk kemudahan pemakaian.

Cara paling gampang adalah dengan mendownload melalui repository Vagrant box yang tersedia secara online. Melalui https://atlas.hashicorp.com/boxes/search.

Mendownload yang saya maksudkan bukan dengan download via browser, tetapi dengan perintah melalui Vagrant. Berikut formatnya untuk menambahkan Box baru:

$ vagrant box add USER/BOX

Bagian `USER/BOX` anda ganti dengan USER (User yang membuat box tersebut) dan BOX (Nama box).

Misalnya saya jalankan command `vagrant add ubuntu/trusty64` atau `vagrant box add hashicorp/precise64`.

Dari kedua command tersebut `ubuntu` dan `hashicorp` adalah user pembuat box tersebut sedangkan `trusty64` dan `precise64` adalah boxnya sendiri dimana Ubuntu Trusty 64 bit dan Ubuntu Precise 64 bit.

Perhatian

Seperti yang kita tahu bahwa ukuran instalasi untuk Ubuntu ataupun distro linux lainnya cukup besar, ini artinya proses download akan berlangsung cukup lama tergantung koneksi internet anda. Jadi pastikan anda memiliki koneksi internet yang bagus sebelum memutuskan untuk menginstall Box baru.

Kesimpulan

Vagrant hanyalah sebuah software/program untuk membantu memudahkan anda menggunakan Virtual Machine. Jadi jangan bingung antara Vagrant dan Box, Vagrant bukan Virtual Machine, Vagrant juga bukan sebuah Box tetapi vagrant berada di tengah-tengah mereka berdua menyediakan tools untuk developer mempermudah bekerja dengan keduanya.

Selanjutnya kita akan coba Install Box pertama kita.

5 Replies to “Pengenalan Vagrant – (3) Tentang Boxes”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *