QTranslate, program penerjemah sederhana dengan Python

Screenshot-QTranslator

Kali ini saya akan memberikan sebuah contoh program yang saya buat dengan Python beberapa waktu yang lalu. Saya menyebutnya QTranslate.

Ini hanya lah sebuah program sederhana yang memanfaatkan Bing Translation API sebagai engine translasinya, jadi berbeda dengan program penerjemah lainnya yang membawa sendiri database kosa kata terjemahannya.

Jadi cara kerja nya:

Ketika kita klik tombol translate, maka program ini akan mengakses Bing Translation API, sama seperti mengakses website dengan menyertakan data yang akan kita terjemahkan, ketika Bing berhasil menerjemahkannya maka akan mnengembalikan data/kata yang sudah diterjemahkan dan program ini kembali menampilkannya.

Program ini membutuhkan internet untuk bisa melakukkan penerjemahan, karena seperti tadi saya jelaskan penerjemah kecil ini menggunakan API translasi dari Bing secara online.

Saya tidak akan membahas secara detail, bagaimana codenya, karena semua bisa dilihat di source nya. Sebagai informasi, untuk tampilan GUI program ini saya memakai binding Qt4 untuk python yaitu PyQt.

Penerjemah ini masih sederhana sekali sebernarnya, dan masih tahap pengembangan awal, tetapi bagi yang mau melanjutkan silahkan dikembangkan lebih jauh dan bisa berguna buat teman-teman semuanya.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar Python. Bagi yang tertarik dengan source nya, bisa di download lewat akun BitBucket saya.

Catatan :

Program ini dibuat dan dijalankan di mesin Ubuntu saya, jadi apabila terdapat bug atau tidak mau jalan, silahkan sesuaikan dengan sistem operasi teman-teman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *